Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang yang Efektif

Kenali Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

Hello Sobat BeritaAkbar, jika kamu sering merasakan sakit kepala bagian belakang, sebaiknya kamu mengenali penyebabnya terlebih dahulu. Beberapa penyebab sakit kepala bagian belakang antara lain adalah stres, kelelahan, cedera kepala, ketegangan otot, atau masalah pada tulang belakang.

Lakukan Peregangan pada Otot Leher dan Bahu

Peregangan otot leher dan bahu dapat membantu meredakan sakit kepala bagian belakang. Cara melakukannya adalah dengan mengangkat bahu dan menjulurkan leher ke depan. Tahan posisi tersebut selama 30 detik dan ulangi beberapa kali.

Kompress dengan Air Dingin

Jika sakit kepala bagian belakang disebabkan oleh ketegangan otot, kamu bisa mengompresnya dengan air dingin. Caranya adalah dengan membungkus es batu dengan handuk dan letakkan pada area yang sakit selama 15-20 menit.

Minum Air Putih

Kurangnya asupan air putih dapat menyebabkan sakit kepala. Oleh karena itu, pastikan kamu minum cukup air putih setiap hari untuk menghindari dehidrasi yang dapat memicu sakit kepala.

Hindari Konsumsi Makanan yang Mengandung MSG

MSG atau Monosodium glutamat dikenal dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang. Hindarilah konsumsi makanan yang mengandung MSG seperti mie instan, makanan siap saji, atau makanan kaleng.

Perbaiki Postur Tubuh

Seringkali sakit kepala bagian belakang disebabkan oleh postur tubuh yang kurang baik. Perbaiki postur tubuh dengan duduk dengan posisi tegak dan rileks, jangan membungkuk terlalu lama saat bekerja di depan komputer atau membaca buku.

Kurangi Konsumsi Kafein

Kafein adalah stimulan yang dapat memicu sakit kepala pada sebagian orang. Jika kamu sering mengonsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya, kurangi jumlahnya atau ganti dengan minuman yang lebih sehat seperti teh herbal.

Atasi Stres

Stres dapat memicu sakit kepala bagian belakang. Cobalah atasi stres dengan cara meditasi, yoga, atau olahraga ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda.

Tidur yang Cukup

Kurang tidur atau tidur yang kurang berkualitas dapat memicu sakit kepala. Pastikan kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malam dan hindari begadang yang berlebihan.

Konsumsi Makanan yang Sehat

Makanan yang sehat dapat membantu mencegah sakit kepala, terutama jika disebabkan oleh masalah pada tulang belakang atau tekanan darah tinggi. Konsumsi makanan yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Hindari Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang. Jika kamu sering merasakan sakit kepala setelah mengonsumsi minuman beralkohol, sebaiknya hindari minuman tersebut.

Konsultasikan dengan Dokter

Jika sakit kepala bagian belakang yang kamu alami tidak kunjung mereda atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Relaksasi dengan Aromaterapi

Aromaterapi dapat membantu meredakan sakit kepala bagian belakang dengan cara merangsang saraf di hidung yang terhubung ke otak. Kamu bisa mencoba menggunakan minyak esensial peppermint atau lavender yang dikenal ampuh meredakan sakit kepala.

Kompres dengan Air Hangat

Jika sakit kepala bagian belakang disebabkan oleh ketegangan otot, kamu juga bisa mengompresnya dengan air hangat. Caranya adalah dengan membungkus kain atau handuk dengan air hangat dan letakkan pada area yang sakit selama 15-20 menit.

Hindari Stres Berlebihan

Stres yang berlebihan dapat memicu sakit kepala. Hindari stres yang berlebihan dengan cara mengurangi beban pekerjaan atau mengambil waktu untuk bersantai dan melakukan aktivitas yang menyenangkan.

Lakukan Peregangan pada Otot Tengkuk

Peregangan pada otot tengkuk juga dapat membantu meredakan sakit kepala bagian belakang. Caranya adalah dengan menarik kepala ke arah bahu dengan posisi kepala condong ke satu sisi. Tahan posisi tersebut selama 30 detik dan ulangi beberapa kali.

Kompres dengan Daun Mint

Daun mint yang dikenal memiliki efek menenangkan juga dapat membantu meredakan sakit kepala bagian belakang. Kamu bisa mengompres area yang sakit dengan daun mint yang telah direbus terlebih dahulu.

Hindari Konsumsi Makanan yang Mengandung Nitrat

Nitrat yang terdapat pada makanan seperti daging olahan atau makanan kaleng dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang. Hindari konsumsi makanan tersebut untuk menghindari sakit kepala.

Coba Terapi Akupunktur

Terapi akupunktur dapat membantu meredakan sakit kepala bagian belakang dengan cara menstimulasi titik-titik tertentu pada tubuh. Namun, pastikan kamu melakukan terapi ini dengan dokter atau terapis yang terpercaya.

Hindari Rokok

Rokok dikenal dapat memicu sakit kepala pada sebagian orang. Hindari merokok atau terpapar asap rokok untuk mencegah sakit kepala.

Jangan Terlalu Lama Menggunakan Gawai

Menggunakan gawai terlalu lama dapat memicu sakit kepala, terutama jika posisi kepala selalu condong ke bawah. Hindari menggunakan gawai terlalu lama atau pastikan posisi kepala kamu tetap tegak saat menggunakan gawai.

Konsumsi Suplemen Magnesium

Magnesium adalah mineral yang dapat membantu meredakan sakit kepala. Konsumsi suplemen magnesium atau makan makanan yang kaya akan magnesium seperti kacang-kacangan, bayam, atau biji labu.

Kesimpulan

Sakit kepala bagian belakang memang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat meredakan sakit kepala tersebut secara efektif. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga pola hidup yang sehat dan berkonsultasi dengan dokter jika sakit kepala yang kamu alami semakin parah. Semoga bermanfaat, Sobat BeritaAkbar!

Tinggalkan komentar