homescontents

Penggunaan true wireless stereo (TWS) mulai menjamur sejak Apple meluncurkan AirPod. Sejak itulah tren TWS terus berkembang sehingga saat ini harganya pun sangat variatif sesuai dengan kualitas dan fitur yang ditawarkan.

Supaya tidak menyesal saat membeli TWS, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan juga pertimbangan. Beberapa diantaranya tentu saja review produk dari pengguna sebelumnya juga penting untuk dipertimbangkan. Disarankan membeli tws yang sudah memiliki noise cancelling, sehingga tws benar-benar optimal digunakan bukan hanya dipakai untuk mendengarkan musik tapi juga bisa digunakan untuk meeting kapan saja dan di mana saja.

Hanya saja tws dengan fitur noise cancelling masih terbilang mahal. Tapi, kamu bisa memanfaatkan pembayaran bukalapak paylater dari Kredivo dengan bunga yang rendah dan terjangkau. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli tws.

Kualitas Suaranya

Ada tiga variabel yang perlu dipenuhi saat membeli sebuah tws. Tws yang berkualitas harus memiliki bass yang bagus, mid yang jelas serta, nada tinggi yang taman dan jernih. Tiga variabel itu mungkin tidak bisa kamu rasakan langsung jika kamu membelinya secara online.

Siasatnya adalah dengan mencari review dari para pengguna sebelumnya. Sehingga kamu ada bayangan bagaimana kualitas twsnya. Bisa juga dengan mengunjungi toko terdekat untuk merasakan dan mendengarkan langsung feel-nya tws saat digunakan.

Kualitas suara sudah menjadi harga mati agar tws benar-benar memberikan pengalaman dan kepuasan saat mendengarkan musik atau menonton film. Beberapa merek yang berkualitas sebut saja seperti SONY, JBL, Harman Kardon, BOSE dan lain sebagainya.

Untuk harga memang tidak bisa dibandingkan dengan tws dari Tiongkok. Untuk line-up tws bermerek paling tidak minimal harganya Rp 1,5 jutaan. Soal harga mungkin tidak akan jadi soal jika kamu menggunakan pembayaran Bukalapak paylater dari Kredivo. Kamu bisa pilih dulu tws yang ingin kamu beli di lokapasar seperti Bukalapak dan bayarnya pakai Kredivo.

Enaknya pakai Kredivo ada cicilan 3 bulan tanpa bayar bunga. Jika harga twsnya Rp 1,5 juta, artinya kamu bisa mencicilnya Rp 500 ribu per bulan. Biaya adminnya sangat terjangkau hanya Rp 45.000 saja. Daftar sekarang pakai aplikasi Kredivo yang bisa kamu unduh dari App Store maupun Play Store. Bagi member premium bisa mendapatkan limit hingga Rp 50 juta.

Ukuran Sesuai dan Nyaman Dipakai

TWS biasanya memiliki tipe seperti ear bud atau in ear. Sehingga ada tonjolan yang masuk ke dalam bagian lubang telinga. Beberapa orang kurang nyaman dengan model seperti ini tapi ada juga tws yang seperti earbud standar sehingga tidak perlu adaptasi lagi. Gunakan tipe yang nyaman dan sesuaikan dengan penggunaannya.

Jika kamu sering berolahraga menggunakan tws, supaya lebih nyaman perlu menggunakan tws yang memiliki kabel yang tersambung satu sama lain sehingga tetap bisa dikalungkan. Jika tidak, tws rawan terlempar dan hilang.

Kapasitas Baterai dan Ketahanannya

Kapasitas baterai tws tentu saja terbatas karena ukurannya juga kecil. Tetapi ada tws yang bisa bertahan hingga lebih dari 10 jam. Rata-rata tws bisa bertahan digunakan secara terus menerus antara 2-5 jam. Jika lebih dari itu artinya kualitasnya sudah sangat baik.

Biasanya kapasitas baterai tws hanya 40 mAh saja. Tetap bisa langsung dihubungkan dengan charging casenya yang membantu proses pengisian ulang dengan daya standar 400 mAh. Dengan begitu daya tahan tws jadi lebih bertambah.

Fitur-Fitur Canggihnya

Fitur-fitur canggih tws bermacam-macam tergantung merek dan tipenya. Sebut saja beberapa tws terbaru dan ternama sudah memiliki sertifikasi IPX4 sehingga lebih tahan air dan keringat. Sehingga tws-tws seperti ini sangat cocok untuk digunakan berolahraga seperti jogging atau nge-gym.

Perbandingan Harga dengan Produk Serupa

Soal harga memang sangat sensitif. Tapi, kamu bisa melakukan riset dan membuat perbandingkan sendiri. Pastikan tws yang kamu pilih sesuai dengan aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari sehingga tws yang dibeli sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri.

By Tari